UML (Unifield Modeling Language) - Pertm.2


.


Notasi UML dibuat sebagai kolaborasi dari Grady Booch, DR. James Rumbough, Ivar Jacobson, RebeccaWirfs-Brock, Peter Yourdon dan lainnya. Jacobson menulis tentang pendifinisian persyaratan system yang disebut dengan use case dan juga mengembangkan sebuah metode untuk perancangan system yang disebut object-oriented software engineering (OOSE) yang berfokus pada analisis.

Diagram-diagram dalam UML antara lain:
  • Business use case diagram

Diagram use case bisnis ini digunakan untuk menyajikan fungsi yang disediakan oleh keseluruhan organisasi. Diagram ini digunakan selama pemodelan aktifitas bisnis berlangsung dan mengatur kontek system untuk membentuk pondasi dalam pembentukan use case

  • Use case diagram

Diagram use case menyajikan interaksi anatar use case dan actor. Dimana actor dapat berupa orang, peralatan atau system lain yang berinteraksi dengan system yang sedang dibangun. Use case menggambarkan fungsionalitas system atau persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi system darin pandangan pemakai. Jika diagram use case bisnis tidak memperhatikan apakah proses dilakukan secara otomatis terkomputerisasi maka diagram use case berfokus hanya pada proses otomatisasi saja.

  • Activity diagram

Diagram aktivitas menggambarkan aliran funsionalitas system. Pada tahap pemodelan bisnis, aktivitas dapat digunakan untuk menunjukkan aliran kerja bisnis. Dapat juga digunkan untuk menggambarkan aliran kejadian dalam use case.

  • Sequence diagram

Diagram sekuensial digunakan untuk menunjukkan aliran funsionalitas dalam use case.

  • Collaboration diagram

Diagram kolaborasi menunjukkan informasi yang sama persis dengan digram sekuensial tetapi dalam bentuk dan tujuan yang berbeda. Dalam diagram ini ditunjukkan interkasi anatar objek dan actor tanpa keterangan waktu.

  • Class diagram

Diagram kelas menunjukkan interaksi antarkelas dalam system. Kelas mengandung informasi dan tingkah laku yang berkaitan dengan informasi.

  • Statechart diagram

Diagram keadaan menyediakan sebuah cara untuk memodelkan bermacam-macam keadaan yang mungkin dialami oleh sebuah objek.

  • Component diagram

Giagram komponen menunjukkan model secara fisik komponen perangkat lunak pada system dan hubungannya antar mereka. Ada dua tipe komponen dalam diagram yaitu komponen excutable dank ode pustaka (libraries code).

  • Deployment diagram

Diagram deployment menampilkan layout fisik jaringa dimana berbagai komponen akan terdapat di sana.

Your Reply